Selasa, 19 April 2016

Tips Memilih Kuas Cat

Tips Memilih Kuas Cat


Kuas berfungsi sebagai alat pengoles bahan-bahan bangunan yang berbentuk cairan, khususnya cat. Kuas untuk bangunan tersedia dalam berbagai ukuran. Kuas yang berukuran besar digunakan untuk permukaan yang luas sementara kuas yang kecil digunakan untuk permukaan yang sempit serta detail-detail yang sulit.
Model kuas dibedakan menjadi dua, yaitu kuas standar dan kuas rol. Tulisan kali ini akan menyajikan tips dan cara-cara memilih kuas cat standar yang baik. Kuas cat standar terdiri dari tiga bagian yaitu bulu kuas, pegangan dan pengikat logam yang menyatukan keduanya.
Kuas cat yang baik dan berkualitas umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Ujung bulu yang runcing sehingga kuas menjadi lebih fleksibel. Jangan memilih kuas yang ujungnya pangkal dan sama tebalnya.
  2. Bulu kuas yang lebih panjang dan lebih banyak sehingga dapat menyerap cat lebih banyak dan hasil pengecatan lebih halus. Kuas yang murah cenderung memiliki bulu lebih pendek dan akan meninggalkan bekas kuasan pada pengecatan.
Selain memilih kuas yang baik perlu diperhatikan juga pemilihan jenis kuas sesuai dengan catnya. Untuk cat minyak akan lebih baik hasilnya bila menggunakan kuas dari bulu hewan. Sementara untuk cat yang larut dalam air jangan menggunakan kuas dari bulu hewan karena akan menyerap air dan mengembang sehingga sulit diarahkan. Gunakanlah kuas sintetis nilon atau serat sintetis sebagai penggantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar