Selasa, 19 April 2016

Mengatasi Plesteran Rontok

Mengatasi Plesteran Rontok


Plester dinding Anda rontok? Kasus yang sering terjadi pada rumah KPR ini sering disebabkan oleh kualitas plesteran yang kurang memadai, terutama dari jenis pasir yang digunakan. Penggunaan pasir yang mengandung tanah atau lumpur dalam adukan plesteran sering diterapkan oleh kontraktor perumahan KPR untuk mengirit pemakaian semen. Dengan sedikit semen saja, plesteran tersebut sudah dapat menempel pada dinding. Namun plesteran ini tidak akan bertahan lama dan akan rontok suatu saat.
Anda dapat mengecek apakah plesteran tersebut menyatu dengan dinding atau tidak dengan cara mengetuk dinding menggunakan jari tangan. Jika plesteran tersebut tidak menyatu dengan dinding, pasti akan timbul suara kopong pada saat plesteran tersebut diketuk.
Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut:
  1. Kupas seluruh plesteran yang kopong dengan menggunakan pahat beton.
  2. Bersihkan dinding yang sudah dikupas dengan menggunakan air atau dikerok sampai bekas plesteran lama terbuang semuanya.
  3. Lakukan plesteran kembali dengan menggunakan adukan yang baik dan sesuai standar (standar perbandingan seman dan pasir dalam adukan plesteran yang baik adalah 1:5)
  4. Lakukan acian apabila plesteran sudah benar-benar kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar