Selasa, 19 April 2016

Bahan Aksesori Pembentuk Dinding: Glasblok

Bahan Aksesori Pembentuk Dinding: Glasblok


Glasblok
Glasblok merupakan balok yang berbahan dasar kaca tebal yang berfungsi sebagai penerangan alami suatu ruangan namun juga berfungsi sebagai dinding. Glasblok memiliki ketebalan, motif dan warna beragam yang dapat dipilih untuk disesuaikan dengan aksen pada tampilan ruangan Anda.
Glasblok cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang membutuhkan cahaya lebih seperti dapur, ruang makan atau kamar mandi yang sering letaknya terisolasi dalam rumah. Glasblok dapat juga diaplikasikan pada dinding bagian depan rumah untuk memberikan penerangan alami dan menjadi gaya minimalis untuk tampilan depan rumah Anda. Saat ini glasblok juga sering digunakan sebagai bahan pembentuk lantai dak yang berfungsi sekaligus sebagai penerang bagi ruangan di bawahnya.
Pemasangan glasblok sebagai dinding umumnya dilakukan pada dinding yang telah diplester. Pemasangannya seperti pada bata merah dengan nat spasi berupa semen putih dan lem putih.
Sementara bila glasblok dipasang sebagai lantai dak diperlukan adanya penyangga berupa besi siku. Pada saat pembuatan penyangga ini, diperlukan pembuatan bagian dak yang menonjol di bawah (skoneng) untuk menyangga struktur rangka glasblok. Rangka itu harus dilas menempel pada besi dak sekaligus diatur agar glasblok bisa rata dengan keramik lantai yang akan dipasang sekelilingnya. Setelah pengaturan selesai, lakukan perapian tepi lubang dengan acian halus. Berikutnya adalah pemasangan glasblok dan untuk nat antar glasblok, gunakan waterproofing mortar untuk mencegah terjadinya kebocoran di sela-sela glasblok.
Sumber tulisan:
  1. Panduan Praktis Menghitung Biaya Membangun Rumah, Yanto Irawan ST dkk, 2012. Kawan Pustaka.
  2. Lantai Berkaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar